Jumat, 30 Oktober 2015

Same Day Edit ( SDE )

Pasti pernah datang kan ke pernikahan yang di gedungnya / are resepsinya di pasang layar segede gaban buat nampilih akad atau pemberkatan. Padahal akad/ pemberkatannya di pagi-siang hari kok bisa langsung tayang ? Iya bisa betul sekali.Semakin canggih teknologi semakin banyak hal yang bisa dimasukkan dalam pernikahan. Termasuk menayangkan video siraman, akad atau pemberkatan. Kalau dulu paling yang ditayangkan adalah slideshow foto-foto prewedding atau foto-foto lawas kalau sekarang double, ya foto ya video.

Hal ini dilakukan agar tamu undangan bisa melihat sessi akad/pemberkatan yang mereka lewatkan. Dan mengisi kekosongan gedung *padahal gedungnya pasti penuh sama tamu dan stand makanan juga sih. Seperti commercial break. Lumayan ada yang bisa ditonton selain nonton manten salaman. 

Istilah penayangan langsung tersebut disebut Same Day Edit ( SDE ). Jangan salah ya kalau mau SDE lumayan rempong deh tuh tim video soalnya mesti bawa laptop dan berdoa ( secara render video kadang ga bisa di tebak ). Tukar memory, copy paste, extra satu orang video/ editor yang siap langsung nayangin belum lagi mesti koordinasi sama orang screen output keluarannya apa. 
Tapi namanya juga hari pernikahan ya kalau ga sibuk ga afdol ..
Pastikan aja ya timnya ready, waktunya cukup dan satu lagi SDE ini ga bisa menambahkan efek-efek yang terlalu gimana.Misalnya pengen efek yang glamour, dreamy-dreamy, berkilauan gt ( aapa sih )  nah itu kayanya ga bisa kecuali durasi editingnya cukup. 

Ini salah satu contoh SDE :


Dan bisa search langsung d youtube untuk inspirasi dan contoh lainnya.

Pakai same daye edit atau tidak itu pilihan. Mengingat sewa projector yang bagus juga cukup lumayan *kecuali punya sendiri ya .. Dan disesuaikan dengan gedung dan areanya tentunya. Apalagi untuk kamu yang melangsungkan pesta resepsi outdoor, perlu extra biaya deh agar bisa dapet screen yang bagus. 

Same day edit emang nambah suasana pernikahan jadi ala-ala gimana gitu tapi buat kamu yang melangsungkan pernikahan ga pake SDE ini jangan khawatir, ada youtube. Bisa upload deh tuh trailer video wedding yang agar bisa dinikmati pula oleh orang lain dan teman. Siapa tahu kamu menginspirasi mereka !

Yasinta - Foto Wedding Bandung


2 komentar:

  1. aku mau coba buka dulu contoh di you tube nya, sepertinya menarik ya, kebetulan 2 bulan lagi aku mau menikah

    BalasHapus
  2. Waah selamat ya mbak Defa.. Semoga lancar ya pernikahannya :)

    BalasHapus